Rabu, 15 Maret 2023

KEUNIKAN NEGARA THAILAND

 Alasan Transgender “Lady boy” di Thailand sangat banyak

𝅹𝅹𝅹𝅹𝅹 

Beberapa tahun belakangan ini, orang-orang yang mengaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender atau biasa kita sebut dengan LGBT marak terlihat dan diterima di beberapa negara. Bahkan beberapa negara juga memberikan toleransi hak asasi pada individu-individu ini, sehingga tidak heran jika beberapa negara tersebut melegalkan pernikahan sesama jenis. Khusus tentang transgender ini, Negara Thailand yang merupakan salah satu negara di Asia Tenggara ini terkenal dengan “Lady boy”.

Lady boy adalah sosok laki-laki yang merubah bentuknya menjadi wanita. Dimana cara berpakaian dan berperilakunya seperti perempuan. Tidak sulit menemukan lady boy di negara tersebut karena mereka memang diberi ruang khusus di Thailand. Namun apakah kalian tau alasan jumlah transgender khususnya lady boy di Thailand sangat banyak.

Memang tidak dapat disangkal bahwa banyak kalangan yang akan terus berpikir tentang terbuka nya ruang bagi LGBT terutama transgender (seseorang yang mengubah tampilan dan bentuk menyerupai lawan jenisnya). Menurut data statistik dari laman weareaptn.org, jumlah transgender di Thailand mencapai 314.808 orang. Angka tersebut diprediksi bisa lebih tinggi karena banyak yang belum terdata.

Penerimaan individu transgender ini diyakini berasal dari sebuah manus mono yang menjadi dasar kepercayaan pemeluk muda Thai, naskah ini disebut dengan “Pata Mamula Muli”. Di dalamnya, konon ada sebuah cerita yang berisi tentang kisah penciptaan dunia yang diriwayatkan secara turun temurun di Thailand. Menurut naskah tersebut, ada seorang perempuan bernama Nang It Tang Gaiya Sangkasi dan pasangannya yang bernama Pu Sangaiya Sangkasi  yang menghuni bumi. Keduanya punya kekuatan untuk menciptakan kehidupan seperti hewan dan tumbuhan.

Nang It Tang Gaiya Sangkasi menciptakan 3 bentuk manusia, kemudian ketiganya dimasukkan unsur alam berupa air, api, tanah, dan angin di 3 (tiga) badan tersebut. Serta masing-masing diberi jenis kelamin yang berbeda. Dimana jenis kelaminnya ada yang berjenis kelamin laki-laki, perempuan, dan ada juga pencampuran alat kelamin laki-laki dan perempuan atau disebut dengan Kunsa yang bernama Pulinga Iti dan Napumsaka. Bahkan naskah tersebut mengungkapkan bahwa ketiganya hidup berpasangan dan mempunyai keturunan, hubungan cinta antara ketiga jenis kelamin ini memainkan peran yang besar sehingga dapat membentuk penerimaan bahwa orang Thailand dapat lebih menerima peredaan gender. Oleh sebab itu sistem gender tersebut memegang peranan yang besar di kehidupan masyaratakat bugis di Thailand.  

Lebih lanjut keyakinan yang mereka pelajari ini memicu untuk lebih menerima orientasi seksual berdasarkan kehidupan masa lalu mereka. Dan karena kepercayaan mereka inilah yang memudahkan masyarakat Thailand untuk memberikan toleransi kepada kalangan transgender karena didikan mereka yang percaya bahwa kalangan transgender atau dikenal dengan istilah “katoe” bukan kesalahan individu. Bahkan mereka percaya bahwa transgender merupakan orang-orang yang sedang menebus dosa-dosa masa lalu yang pernah dilakukan.

Dengan adanya kepercayaan inilah, maka tidak heran di masa sekarang banyak ditemukan sejumlah klinik dan rumah sakit yang secara transparan menawarkan operasi ganti kelamin di Thailand. Bahkan disana ada tawaran operasi kelamin gratis yang dilakukan banyak institusi. Hal ini didukung dengan tingkat layanan tinggi dan staff yang berkualifikasi untuk memberikan kenyamanan di klinik. Namun operasi (pembedahan) ini tidak sembarangan pihak yang akan menjalani operasi ini. Hal ini dibuktikan dengan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Thailam untuk mengawasi masalah ini.

Operasi penggantian kelamin ini harus berusia 18 tahun ke atas dan punya rekam medis yang terbukti dengan adanya diaspora gender yang perlu diperoleh bagi yang memutuskan untuk melakukan operasi. Mereka harus minum pil hormon selama setahun sebelum tanggal operasi ditetapkan.

1 komentar:

  1. iya si agree kak bahkan lady boy menjadi icon bagi thai, mereka jg sangat mendukung lgbt. tapi thai adalah negara yang sangat indah dan cantik. aku suka

    BalasHapus