Jumat, 18 Agustus 2023

HIRUK PIKUK KOTA BOLLYWOOD - MUMBAI

MUMBAI

 

    Mumbai adalah ibukota negara bagian India Maharashtra. Kota tersebut merupakan kota terpadat di India dan dijuluki sebagai kota paling stres di dunia. Mumbai terkenal sebagai salah satu pusat bisnis terbesar di India, namun di sisi lain ternyata isu sosial di sana juga menjadi masalah serius. Dimana kotanya sangat padat lalu kesenjangan sosialnya sangat parah.


    Sebagai informasi, sejak 2023 ini Negara India sudah menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia. Sama halnya dengan negara lain, di India memiliki kota-kota yang jadi pusat populasi kota-kota besar yang sangat padat penduduknya dan menurut World Population Review, kota terpadat di India saat ini adalah Mumbai. Mumbai ini menjadi pusat ekonomi di India alias menjadi pusat finansial sama komersial, dimana banyak perusahan-perusahaan besar level nasional dan internasional yang didirikan disana. bahkan menurut laporan New World Weld di tahun 2018 disebut bahwa Mumbai menjadi kota paling kaya ke-12 di dunia dengan total kekayaan mencapai 900 Milliar US Dollar, mengalahkan kota-kota besar lain seperti Toronto bahkan Paris.


    Selain itu menurut Financial Express, setiap tahunnya produk domestik bruto kota (PDB) kota Mumbai selalu jadi yang paling besar di antara kota-kota lain yang berada di India. Hal ini membuktikan bahwa secara ekonomi Mumbai lebih maju daripada Kota manapun di India. Tidak lepas dari banyaknya penduduk disana, banyak sekali orang kaya yang tinggalnya di Mumbai. Disebutkan terdapat 39 Milliarder tinggal disana dan menjadikan kota Mumbai dengan populasi milliarder terbanyak ke-9 di dunia.


    Selain sebagai pusat ekonomi dan keuangan, Mumbai juga jadi pusat hiburan. Dimana kota ini menjadi rumah untuk industri film-film bollywood. Banyak sekali klub-klub disana dan menjadi salah satu tujuan utama pariwisata apabila kita ke India.


    Mumbai mempunyai julukan Land of Opportunitys alias tanah kesempatan orang-orang dari berbagai kota dan desa di India (menurut Times of India), dimana orang-orang tersebut berusaha mencari peluang kesuksesan mimpi-mimpi ingin menjadi orang kaya. Hal ini lah yang menjadi faktor semakin padatnya populasi di Mumbai, sehingga menyebabkan para perantau yang datang ke Mumbai mencari lokasi-lokasi  untuk mereka tinggali yang sekiranya mereka mampu bayar dan mewujudkan mimpi-mimpi yang mereka bawa dari kota/desa mereka. Sampai pada akhirnya populasi di Mumbai semakin menumpuk dan membentuk kawasan kumuh di tengah kota Mumbai. Semakin hari semakin nambah terus kawasan kumuhnya sampai akhirnya sekarang ada sekitar 2.400Lam area.


    Menurut Insider, sekitar 60% dari total populasi Mumbai tinggalnya di kawasan kumuh. Dimana kebanyakan mereka tinggal di slum area. Dan keadaan ini menjadikan kota Mumbai dengan populasi slum terbanyak di dunia.


    Ketimpangan sosial di Mumbai sangat terlihat jelas, dikarenakan orang kaya yang kaya banget tinggal disana berdampingan dengan orang miskin yang miskin banget. Dimana orang kaya banget tinggalnya di gedung-gedung pencakar langit dengan pola bangunan teratur tapi disisi seberangnya atau bawahnya isinya rumah-rumah 1 (satu) lantai yang rapat banget sampai akses jalannya tidak dapat dilihat karena sangking kecilnya jalan ditambah lagi banyaknya terpal-terpal biru yang dipakai untuk nutupin rumah mereka sebagai atap rumah. Sehingga apabila kita lihat dari atas, rumahnya terlihat kotak-kotak rapat tidak beraturan dan banyak biru-biru.

    Ketimpangan lain yang dapat dilihat dari sanitasinya yang sangat jomblang, dimana pasokan air yang dialirin ke kawasan kumuh hampir tidak cukup untuk kebutuhan dasar orang-orang di sana seperti mandi, mencuci, minum, dan masak. Hal ini dikarenakan pemerintah membatasi aliran air yang mengalir di area slum dan kurang peduli dengan orang-orang yang tinggal di Slum area. Sehingga jika mereka ingin mendapatkan air bersih, mereka harus antri panjang agar dapat air tambahan dari tanker. Bahkan bagi mereka dapat mandi 1x sehari adalah bentuk kemewahan.


    Hal yang lebih parah lagi dari Mumbai menurut Human Development Report di PBB tahun 2006, diperkirakan sekitar 1.440 orang Slum area Mumbai hanya memiliki 1 (satu) toilet yang dapat mereka pakai. Hal simple yang dapat kita ibaratkan adalah, ketika kita mau buang air kecil di toilet, kita harus antri dengan 1.000 orang. Jadi jangan heran apabila disana banyak yang buang air kecil atau besar sembarangan. Dikarenakan hal inilah sungai disana banyak tercemar, dimana mereka melakukan kegiatan seperti : mencuci, mandi, & buang hajat secara bersamaan di Sungai.


    Keadaan penduduk Slum area di Mumbai sangat berbanding terbalik dengan kondisi orang kaya di Mumbai. Dimana mereka memiliki pasokan air yang melimpah dengan akses kesehatan yang sangat mudah. Dan pastinya tidak ada yang namanya orang kaya mengantri untuk mandi.


    Di Mumbai orang kaya kebanyakan bekerja disektor finance (keuangan) seperti perbankan, asuransi, investasi, atau pengusaha. Sementara orang-orang Slum area, mereka bekerja sebagai supir taksi, penjual asongan, tukang antar makanan, petugas kebersihan di area orang kaya. Menurut Asian Century Institute sebagian besar penduduk yang tinggal di Slum area hidup dengan penghasilan 1 – 2 US Dollar per hari nya, hal ini menandakan bahwa mereka hidup di bawah garis kemiskinan nasional. Dapat dikatakan penghasilan mereka hanya dapat dipakai untuk makan per hari, itupun kalau cukup.


    Faktor lain yang menjadikan Mumbai sebagai kota ter-stres di dunia adalah jalanan di Mumbai sangat macet. Gambaran macetnya tuh tiap 1 km2 terdapat sekitar 510 mobil yang terjebak macet ditambah lagi dengan orang-orang yang berlalu lalang menyebrang sembarangan. Keadaan seperti inilah yang juga membuat angka kecelakaan lalu lintas di sana sangat tinggi.


    Seperti itulah keadaan yang ada di kota Mumbai India, so jangan lupa bersyukur ketika kita tinggal di Indonesia tercinta ini.

3 komentar:

  1. Serem ya ternyata 😣

    BalasHapus
  2. Iya sih emng Diana padet banget penduduknya, tpi setau ku disana justru banyak juga ilmuwan2 atau orng yg pinter terlahir dri sana 😁

    BalasHapus